Jumat, 15 April 2011

Konser Koin Sastra

Mentari Meida
Friday, April 15, 2011

Penampilan Sudjiwo Tedjo dan Soimah Pancawati

Dalang Edan diiringi Dewa Budjana dan Dwiki Dharmawan

Puncak acara dari Koin Sastra yang digelar untuk membantu PDS HB Jassin akan dilaksanakan minggu depan pada hari Rabu, 13 April 2011 pukul 19.30 di Bentara Budaya Jakarta. Sejumlah artis, penyair dan seniman akan turut menyemarakan acara ini. Diantaranya adalah Dewa Budjana, Ayu Laksmi, Soimah Pancawati, Sarasdewi, Ananda Sukarlan, Reda Gaudiamo, Djenar Maesa Ayu, Anji Drive, Gunawan Maryanto, Garin Nugroho, Sujiwo Tedjo dan Jose Rizal Manua.

Djenar Maesa Ayu membacakan cerpennya "Cat Hitam Berjari Enam"

Sambutan dari Ajip Rosidi, Ketua Dewan Pembina Yayasan PDS HB Jassin

Koin Sastra telah terselenggara dalam waktu hampir satu bulan belakangan ini dan diharapkan akan terus berjalan guna membantu PDS HB Jassin yang terancam tutup dikarenakan kurangnya anggaran dana yang diberikan Pemprov DKI Jakarta. Sampai saat ini Koin Sastra telah dilaksanakan oleh sejumlah mahasiswa dan kelompok masyarakat pecinta dan peduli seni, sastra dan budaya di Depok, Jakarta, Bali, Surabaya, Kendari, Bogor, Gorontalo, Semarang, Palembang, Malang, Bandung. Dan sejumlah kampus yang turut berperan aktif adalah Universitas Indonesia, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Universitas Diponegoro Semarang, Universitas Udayana Denpasar.

Feby Febiola feat. Mayong Suryo Laksono sebagai MC

Garin Nugroho berkolaborasi dengan Reda Gaudiamo & Ari Malibu

Khrisna Pabichara, Ketua penggagas gerakan Koin Sastra di Jakarta sangat aktif mengabarkan mengenai Koin Sastra dan PDS HB Jassin melalui blog, Facebook, maupun Twitter-nya. Mengajak teman-teman mahasiswa, penyair, sastrawan dan dari kalangan mana pun untuk ikut peduli terhadap keberlangsungan PDS HB Jassin. Koin Sastra tidak semata-mata mengumpulkan dana untuk membantu menyambung hidup perpustakaan yang memiliki koleksi naskah dan buku terlengkap di Asia tersebut, namun Koin Sastra juga membentuk beberapa program. Tim penggagas Koin Sastra bekerja sama dengan kurang lebih 100 orang relawan untuk menditigalisasikan naskah-naskah di PDS HB Jassin. Berita terakhir yang saya sendiri dapat melalui Facebook-nya, Mas Khrisna mengatakan bahwa sudah terkumpul tujuh unit komputer, empat unit scanner dan duaprinter hasil sumbangan dari para relawan. Total donasi dalam bentuk uang dan peralatan yang telah diterima Pengurus PDS HB Jassin jika dirupiahkan Rp 157.763.300. Pagi ini, masih juga pada Facebook-nya Mas Khrisna saya mendapat kabar bahwa penggalangan dana Koin Sastra yang digelar oleh Seniman dan Pengamen Senen di Pasar Senen kemarin siang berhasil terkumpul uang sebesar Rp. 401.000.

Cok Sawitri, Ayu Laksmi & I Wayan Sura

Jose Rizal Manua

Dalam konser Koin Sastra yang akan berlangsung minggu depan, masih sangat diharapkan kontribusi dari berbagai pihak untuk membantu dan mendukung gerakan Koin Sastra ini demi keberlangsungan PDS HB Jassin. Silahkan datang ke Bentara Budaya Jakarta untuk menyaksikan acara ini. Tidak dipungut bayaran bagi setiap orang yang datang, namun dengan takzim Koin Sastra masih menunggu uluran tangan anda untuk memberikan donasi seikhlasnya. Bantuan juga bisa melalui rekening BCA 7770817564 & rekening Mandiri 131-00-0971505 atas nama Zeventina Octaviani. 

Penampilan Saras Dewi dengan suami menyanyikan "Kupu-kupu Barong"

Sumbangkan "koin" anda untuk menunjukan kepedulian terhadap sastra dan budaya kita. Tak akan genap nilai jutaan rupiah jika kehilangan sebuah koin dalam bagiannya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar