Senin, 23 Mei 2011

Warga Menyumbang Untuk PDS HB Jassin

Berita Halo Gubernur

Senin, 23 Mei 2011 | 09:29:21 WIB

batavia.com - Kliping massal yang dilakukan ratusan masyarakat di Pusat Dokumentasi dan Sastra (PDS) HB Jassin di Taman Ismail Marzuki, Cikini, Jakarta Pusat telah membantu pendokumentasian ribuan data dan naskah sastra. Pasalnya, masyarakat khawatir, gedung HB Jassin bakal tidak bisa lagi menampung buku-buku bersejarah, karena biaya operasionalnya tak mencukupi untuk melestarikan buku, bahkan untuk menggaji karyawan.

Kepala Pengelola PDS HB Jassin, Ariani Isnamurti mengatakan, kegiatan kliping massal oleh masyarakat sudah mencapai 500 map. Data yang diolah merupakan artikel dan naskah sastra dari tahun 1970-1980. Kata Ariani, masih ada data sastra lebih dari jumlah tersebut yang belum didokumentasikan.

“Ini mereka menggunting naskah-naskah di majalah dan artikel pakai uang pribadi. Untuk hari ini kliping massal baru menggunting saja. Jadi belum menempel,” ujarnya di Jakarta, Senin (23/5).

Ariani menambahkan, kegiatan Kliping Massal dilakukan masyarakat tiap Senin sampai Jumat. Kegiatan ini sudah berlangsung selama sebulan. Selain kliping, masyarakat juga menggelar Gerakan Koin Sastra.

Kliping Massal adalah kegiatan menyindir Pemerintah Jakarta karena pelit anggaran terhadap operasional di PDS HB Jassin. Gubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo, menjanjikan bakal mengalokasikan dana untuk pendokumentasian data bersejarah di PDS HB Jassin satu miliar rupiah. Dana itu diperkirakan cair November 2011 mendatang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar