Selasa, 29 Maret 2011

Gerakan Koin Sastra Serahkan Alat Digitalisasi Koleksi PDS HB Jassin

Selasa, 29/03/2011 14:51 WIB
Adi Nugroho - detikNews


Jakarta - Gerakan Koin Sastra menyerahkan 6 personal computer (PC), 2 printer dan 3 scanner untuk Pusat Dokumentasi Sastra (PDS) HB Jassin. Alat itu diharapkan bisa menyimpan koleksi PDS HB Jassin dalam format digital.

Seperangkat alat-alat komputer hasil sumbangan masyarakat itu diserahkan oleh salah satu penggagas gerakan Koin Sastra, Khrisna Pabichara kepada pengelola HB Jassin yang diwakili Endo Senggono, di PDS HB Jassin, kompleks Taman Ismail Marzuki (TIM), Jalan Cikini Raya, Jakarta Pusat, Selasa (29/3/2011).

"Hari ini kita serahkan secara simbolik bantuan yang terkumpul dari masyarakat baik secara pribadi maupun lembaga, bantuan berupa PC, scanner, dan printer yang akan kita gunakan untuk program digitalisasi literatur koleksi PDS HB Jassin yang akan kita mulai minggu depan," jelas Krishna.

Digitalisasi koleksi ini bertujuan agar masyarakat, bisa membuka dokumen tanpa harus datang ke Jakarta. Dengan digitalisasi kebiasaan foto kopi dokumen yang membahayakan pun bisa diminimalisir. 

Jumlah bantuan alat-alat komputer itu mendekati kebutuhan PDS HB Jassin yakni, 10 unit PC, 1 printer dan 1 mesin fotokopi. Selain menyerahkan alat-alat komputer, Koin Sastra juga menyediakan 48 relawan yang akan melaksanakan program digitalisasi koleksi PDS HB Jassin.

"Target kami, kita usahakan selesai 6 bulan (dari sekarang). Relawan kita terjunkan, tiap hari untuk melakukan pemindaian dan perapian data," jelas Krishna.

Relawan yang berasal dari Jakarta, Malang, Madiun dan Denpasar itu juga sudah disediakan rumah singgah untuk tempat tinggal sementara, di daerah Pondok Bambu. 

Menurut Krishna, sumbangan ini berasal dari seluruh Indonesia yakni daerah Denpasar, Malang, Semarang, Bandung dan juga termasuk buruh migran di Taiwan yang telah mengumpulkan Rp 1,5 juta yang belum dikirim serta TKI di Hong Kong.

Sementara pengelola PDS HB Jassin, Endo Senggono mengucapkan terima kasih dan penghargaan bagi masyarakat.

"Kami merasa terharu dan sangat berterima kasih kepada masyarakat. Ini semakin membuktikan dan membuat kami semakin yakin, bahwa PDS HB Jassin ini adalah aset bangsa, milik semua golongan masyarakat," ujar Endo sembari menerima satu kardus PC.

(nwk/vit)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar