Rabu, 06 April 2011

'Dari Bandung untuk HB Jassin' Kumpulkan Jutaan Rupiah

RABU, 06 APRIL 2011 | 09:49 WIB


TEMPO InteraktifBandung - Aksi solidaritas seniman Bandung yang bertajuk "Dari Bandung untuk HB Jassin", telah mengumpulkan dana lebih dari Rp 6 juta. Sumbangan berbagai kalangan itu rencananya akan diserahkan ke pengelola Pusat Dokumentasi Sastra HB Jassin di Jakarta pada 13 April 2011.


Dana tersebut terkumpul dari peserta seminar, lelang lukisan, penjualan pin, dan donasi ikatan penerbit buku, juga seniman Bandung yang hadir di acara malam seni, 4 April 2011, di Gedung Indonesia Menggugat, Bandung. "Jumlah uang yang terkumpul sekarang Rp 6.584.400," kata panitia acara Matdon, Rabu (6/4).

Seniman Bandung berharap Pusat Dokumentasi Sastra H.B Jassin tidak ditutup karena kehabisan dana operasional. “Jika jadi ditutup, ini menjadi kiamat bagi dunia sastra dan peradaban budaya kita,” ujarnya.

Penerimaan donasi masih dibuka hingga menjelang penyerahan ke PDS HB Jassin. Sumbangan selain ke panitia acara juga bisa lewat rekening atas nama Ahda Imran, nomor 1392323206 Bank Central Asia kantor cabang Cimahi, Jawa Barat.

Sebelumnya diberitakan, Pusat Dokumentasi Sastra HB Jassin mengalami kesulitan operasional setelah dana hibah dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta pada 2011 ini dipangkas menjadi hanya Rp 50 juta. Penetapan dana hibah ini ditetapkan lewat Surat Keputusan Gubernur DKI Jakarta Nomor 215/2011 tanggal 16 Februari 2011. Tahun lalu, lembaga nirlaba itu menerima Rp 165 juta, sedangkan pada tahun 2003 mendapat dana dari Pemerintah DKI sebesar Rp 500 juta setahun.

Dalam pernyataan sikapnya, seniman Bandung meminta pemerintah pusat dan DKI Jakarta membantu pendanaan untuk PDS HB Jassin agar pusat dokumentasi itu terus beroperasi. Mereka juga meminta Pemerintah DKI Jakarta menyerahkan pengelolaan PDS. HB Jassin ke Dinas Pendidikan agar pendanaannya lebih serius dan kompeten.  

ANWAR SISWADI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar