Rabu, 13 April 2011

Malam Ini Puluhan Musisi Gelar Konser #Koinsastra

RABU, 13 APRIL 2011 | 14:16 WIB


TEMPO InteraktifJakarta - Pada pukul 19.30 WIB Rabu (13/4) malam ini, lebih dari 20 musisi dan seniman bakal menggelar Konser #Koinsastra. Konser sederhana yang diselenggarakan di pelataran Bentara Budaya Jakarta tersebut ditujukan untuk menyelamatkan Pusat Dokumentasi Sastra (PDS) HB Jassin, yang tengah mengalami krisis keuangan dan terancam bangkrut.


Seniman dan artis yang terlibat dalam acara yang digagas lewat jejaring Twitter dan Facebook tersebut adalah, antara lain, Dewa Budjana, Ayu Laksmi, band Kotak, Piyu Padi, Dwiki Dharmawan, Soimah Pancawati, Jose Rizal Manua, Djenar Maesa Ayu, Efek Rumah Kaca, Ananda Sukarlan, Warih Wisatsana, Sruti Respati, I Nyoman Sura, Gunawan Maryanto, Hanna Fransisca, Nussa Band, Saras Dewi, Reda Gaudiamo, Ari Malibu, dan sutradara Garin Nugroho.

Dari siaran pers yang diterima Tempo, hasil dari keseluruhan konser tersebut akan sepenuhnya disumbangkan untuk PDS HB Jassin. Penggalangan dana masyarakat tersebut nantinya digunakan untuk membiayai proses digitalisasi dokumen-dokumen penting.

Sekitar 50 ribu dokumen sastra Indonesia terancam rusak karena usia. Untuk menyelamatkannya, PDS membutuhkan dana yang tidak sedikit untuk merawat dan menyimpan koleksi tersebut. Di tempat itu tersimpan naskah-naskah sejak tahun 1900 dan menjadi rujukan bagi penelitian-penelitian kebudayaan dan sastra dari dalam dan luar negeri.

Aguslia Hidayah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar