Minggu, 22 Mei 2011

Kliping Massal untuk Pusat Sastra HB Jassin

Ita Lismawati F. Malau, Mohammad Adam

MINGGU, 22 MEI 2011, 13:50 WIB


"Kami ingin mengajak lebih banyak orang untuk terlibat langsung."


VIVAnews - Keberadaan Pusat Dokumentasi Sastra (PDS) HB Jassin terancam karena kekurangan dana. Sejumlah pihak yang ingin mempertahankan lembaga tersebut berupaya mencari upaya penyelamatan.

Salah satunya adalah Gerakan Koin Sastra yang menggelar kliping massal di Taman Ismail Marzuki, Minggu 22 Mei 2011.

"Kami ingin mengajak lebih banyak orang untuk terlibat langsung dalam proses pendokumentasian di Pusat Dokumentasi Sastra HB Jassin," kata salah satu penggagas Koin Sastra, Putu Fajar Arcana.

Dia menjelaskan, gerakan ini merupakan upaya unik dan strategis dalam menyelamatan aset bangsa. "Kondisi PDS sangat membutuhkan dukungan," imbuhnya.

Acara ini dihadiri sejumlah tokoh dan penggiat seni seperti Olga Lidya, Lola Amaria, Djenar Maesa Ayu, Glen Fredly, Sitok Srengenge, dan yang lainnya.
Menurut Putu, kliping massal tersebut merupakan bentuk penyadaran bagi publik agar apa yang terjadi pada PDS HB Jassin tidak terjadi lagi.
Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo, telah meminta maaf atas kelalaiannya mengawasi alokasi anggaran PDS HB Jassin. Ia mengaku terkejut, pusat dokumentasi sastra Indonesia terbesar di dunia itu hanya mendapat dana Rp50 juta tahun ini.
• VIVAnews

Tidak ada komentar:

Posting Komentar